Thursday, April 23, 2020

JENIS-JENIS PARAGRAF BERDASARKAN LETAK GAGASAN UMUM ATAU UTAMA


Jenis paragraf tergantung pada letak gagasan umumnya. kamu bisa menemukan gagasan-gagasan umum teks (paragraf) berdasarkan yang letaknya. Caranya adalah menentukan gagasan utama terlebih dahulu, setelah itu kamu lihat dimana letaknya gagasan tersebut, awal, akhir atau ada di seiap baris dalam paragraf tersebut. Ada yang berada pada bagian awal, pada bagian akhir, dan di setip bagian dari paragraf tersebut.
Berdasarkan letak gagasan umumnya, paragraf terbagi ke dalam beberapa jenis, sebagai berikut.
a.  Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan umumnya terletak di awal paragraf. Gagasan umum atau gagasan utamanya dinyatakan dalam kalimat pertama.
Contoh:
Indonesia merupakan negara kepulauan. Dari ujung barat sampai ujung timur berjajar pulau-pulau. Kalau dijulah ada sekitar 16-ribuan pulau yang ada di Indonesia. Dari pulau yang paling besar sampai pulau yang paling kecil. Tidak semua pulau dihuni oleh manusia. Ada pula pulau yang paling padat penduduknya yaitu pulau Jawa. Dalam melakukan perjalanan menuju ke pulau satu ke pulau lainnya bisa menggunakan kapal laut atau pesawat udara.

Paragraf di atas memperlihatkan bahwa kalimat pertama merupakan kalimat yang mengandung gagasan umum. Kalimat tersebut merupakan gagasan utama yang menjelaskan kalimat-kalimat lai di bawahnya. Kalimat lain selain gagasan utama adalah kalimat penjelas. Gagasan uatama adalah kalimat Indonesia merupakan negara kepulauan. Sedangkan kalimat stetalh kalimat tersebut adalah penjelas untuk mempertegas kalimat utama. Menjelaskan bahwa negara kepulauan, jumlah pulau, pulau yang dihuni dan tidak. Cara berpindah dari pulau satu ke pulau lainnya.
b.  Paragraf Induktif
Paragraf induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf atau pada kalimat penutup paragraf.
Contoh:
Suku batak adalah suku yang terdapat di pulau Sumatera Utara. Selain suku batk ada pula suku lampung yang mendiami pulau sumatera bagian selatan. Suku betawi adalah suku yang terdapat di DKI Jakarta. Suku jawa adalah yang mendiami senagian besar pulau jawa. Mulau dari Jawa Tengah sampai Jawa Timur. Suku sunda adalah suku slain suku jawa yang mendiami pulau Jawa. Berikut adalah beberapa suku yang terdapt di Indonesia.

Paragraf di atas dengan jelas mengungkapkan gagasan bahwa Indonesia terdapat beberapa suku. Gagasan tersebut terdapat dalam kalimat terakhir. Kalimat-kalimat sebelumnya merupakan kalimat yang menjelaskan nama dan letak suku yang ada di Indonesia.
c.  Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah paragraf yang gagasan umumnya terletak pada kalimat pertama dan kalimat terakhir. Dalam paragraf ini terdapat dua kalimat utama. Kalimat terakhir paragraf ini merupakan penegasan dari pernyataan yang dikemukakan dalam kalimat pertama.
Contoh:


Budaya setiap suku dan daerah sangat berbeda di Indonesia. Dalam budaya terdapat juga beberpa tradisi. Pagelaran wayang kulit adalah budaya asli dari suku jawa. Sedangkan pegelaran wayang golek atau wayang boneka itu terdapat pada kebudayaan suku sunda. Budaya juga sangat terpengaruh dari bahasa yag digunakan. Ada bahasa sunda, ada bahasa batak, bahasa jawa dan bahasa-bahasa lain dari beberapa suku di Indonesia. begitulah budaya yang ada di Indonesia. Maka kita harus bersyukur karena kita mempunyai banyak selai kebudayaan dan tradisi yang diwariskan nenek moyang kita.


Gagasan utama paragraf tersebut adalah Budaya setiap suku dan daerah sangat berbeda di Indonesia. Gagasan tersebut dinyatakan dalam kalimat pertama. Setelah diselingi dengan kalimat-kalimat penjelas, gagasan tersebut ditegaskan kembali dalam kalimat terakhir dengan rumusan yang berbeda.

No comments:

Post a Comment

MEMAHAMI MEDIA SOSIAL DAN CARA MENENTUKAN UNTUK BISNIS KAMU

  Media Sosial merupakan sebuah platform yang memiliki berbagai jenisnya dan sering digunakan oleh masyarakat. Media sosial ini menyajikan b...