Menggunakan reponden 3 kelas sebanyak 85 peserta didik, diakhir
pembelajaran ditanyakan pertanyaan tentang materi menyampaikan berita. Pertanyaan
disertai tiga pilihan jawaban agar memudahkan peserta didik dalam menentukan
jawaban.
Apakah kesulitan dalam menyampaikan berita secara lisan?
- Membaca istilah asing
- Grogi atau malu
- Intonasi suara
Peserta didik kesulitan menyampaikan berita secara lisan kesulitan
membaca istilah asing sebanyak 23 peserta didik. Peserta didik kesulitan karena
malu atau grogi dalam menyampaikan berita secara lisan sebanyak 52 peserta
didik. Sedangkan peserta didik yang kesulitan dengan intonasi suara sebanyak 10
peserta didik
Beberapa peserta didik masih kesulitan dan kurang lancar dalam
membaca. Ada juga yang sudah lancar namun belum menggunakan intonasi yang tepat
dan enak didengar. Ada yang hanya ikut-ikutan dengan teman dalam menjawab
pertanyaan tersebut. Namun data tersebut bisa disimpilkan bahwa kesulitan dalam
menyampaikan berita secara lisan paling banyak adalah malu atau grogi sekitar
70 % dari semua responden.
Faktor psikologis masih menjadi penghalang dalam mengungkapkan atau
berekspresi dalam pembelajaran. Dalam mengatasi grogi dan malu dapat kita baca
pada “Pentas Seni Sebagai Pengasah Percaya Diri” yang sebelumnya kita
bahas.
No comments:
Post a Comment