Menjadi
pembina upacara bendera adalah tugas yang terkadang membuat sebagian besar guru
di sekolah menjadi tegang. Rasa tegang ini timbul karena harus menghadapi
seluruh warga sekolah. Berikut cara
menjadi pembina upacara agar tidak grogi.
1. Berlatih
Berlatih
adalah cara mempersiapkan diri kita dalammenghadapi atau mengerjakan apapun. Menjadi
pembina upacara juga kita perlu berlatih agar bisa menjalankan tugas dengan
lancar tanpa ada kekeliruan. Mulai berlatih berjalan dari tepi lapangan ke
tengah dan sebaliknya. Cara bicara juga perlu dilatih, dalam artian kita
menyiapkan materi yang harus kita ungkapkan nanti pada saat jadi pembina
upacara. Persiapan dan latihan yang cukup akan membuat kita tenang.
2. Pemilihan
materi
Materi
adalah halpaling utama dalam menjadi pembina upacara bendera agar kita sukses. Pemilihan
materi menentukan kita dapat membaca situasi atau hanya sekedar menjalankan
kewajiabn saja sebagai pembina upacara. Contoh materi yang dapat dipilih adalah
kegiatan apa yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Ulangan semester,
peringatan hari besar, atau isu yang sedang berkembang secara nasional dan
berhubungan dengan pendidikan. Carilah materi yang dapat menambah wawasan siswa
karena ini adalah waktu bisa berbicara didepan siswa namun bukan materi
pelajaran. Banyaknya materi yang sudah kita kuasai maka kita akan tenang dalam menyampaikannya.
3. Bersikap
tenang
Pikiran
akan tidaktenang karena harus menjadi pusat perhatian di tengah lapangan. Cara menenangkan
diri adalah dengan cara mendengarkan musik yang kita sukai. Selain itu, cara
yang paling klasik dan ampuh adalah mengirup nafas dalam-dalam lalu hembuskan. Mengibaratkan
kita seperti mnegajar di kelas juga akan mengurangi ketegangan.
4. Fokus
Kalau
sudah semua dilakukan maka yang terakhir adalah fokus. Mengapa fokus terakhir
karena orang tegang fokusnya berkurang. Fokus adalah bagaimana kita
berkonsentrasi dalam menjalankan apapunpekerjaan kita. Sikap fokus akan
mengurangi kesalahan dalam melaksanakan menjadi pembina.
No comments:
Post a Comment