Iklan mempunyai fungsi dan tujuan berbeda. Jenis iklan juga bermacam-macam. Berikut ini adalah klasifikasi periklanan.
Iklan strategis
Iklan ini bertujuan untuk membuat citra positif perusahaan. Jelas semua iklan akan membuat nilai positif bagi perusahaannya. Iklan strategis juga membangun merek bagi perusahaan yang mengeluarkan. Merek dan citra positif perusahaan adalah dua hal yang saling terkait dan saling menguatkan.
Contoh iklan strategis
Semua iklan yang menggunakan merek dagang adalah iklan strategis. Selain mencantumkan merek dagang iklan tersebut menunjukkan perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut.
Iklan taktis
Iklan ini tidak lebih menonjolkan merek dan perusahaannya. Iklan ini lebih menekankan pada cara menjual barang tersebut. Iklan ini dirancang agar para konsumen terdorong untuk membeli dan melakukan respon dengan cepat. Iklan ini bersifat singkat agar orang atau konsumen tak berpikir untuk waktu yang cukup lama.
Contoh iklan taktis
Kalau di televisi biasanya penawaran barang dengan ciri-ciri pembawa acara bicara cepat. Penawaran yang cepat ini membuat konsumen juga akan merespon pembicaraan pembawa acara yang cepat pula.
Selain di televisi, iklan ini juga biasa terdapat di mall-mall yang menawarkan baju arau barang diskonan. Diskon dengan angka besar ini biasanya dikasih waktu yang cukup singkat agar konsumen juga merespon dengan cepat.
Tujuan dan fungsi iklan
Fungsi informasional
Salah satu iklan yang mempunyai fungsi menyampaikan karakteristik dan manfaat produk. Iklan yang menggambarkan secara mendetail barang atau produk ini juga menyampaikan manfaatnya.
Contoh iklan informasional
Iklan alat masak. Iklan ini akan menyampaikan karakteristik dari alat dan manfaat yang akan didapat jika digunakan.
Iklan transformasional
Iklan yang mengubah cara berpikir dan cara pandang orang dalam berbelanja. Iklan ini juga akan mengubah sikap konsumen terhadap merek. Selain itu iklan ini juga mengubah pola orang dalam berbelanja.
Contoh iklan
Iklan ojek online yang membuat orang mengubah cara mereka menggunakan transportasi umum menjadi online. Perubahan inilah yang ditekankan pada iklan transformasional.
Demikian tulisan untuk kali ini, semoga bermanfaat.
Dunia belajarku adalah blog yang memuat tentang ilmu dan cara belajar. tema dan pembahasan dari dunia belajar lebih fokus pada pembelajaran bahasa indonesia. tidak menutup kemungkinan nanti perkembangan akan merambah ke pembahasan dengan tema lainnya.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
MEMAHAMI MEDIA SOSIAL DAN CARA MENENTUKAN UNTUK BISNIS KAMU
Media Sosial merupakan sebuah platform yang memiliki berbagai jenisnya dan sering digunakan oleh masyarakat. Media sosial ini menyajikan b...
-
Teks deskripsi berisi kalimat yang seolah-olah dapat dilihat, didengar dan dirasakan. Seolah-olah kita melihat ...
-
Tokoh Watak Cara pengembangan watak Bukti dalam teks Kuda Jahil Mempun...
-
Menanggapi informasi akan mudah jika kita mengerti apa isi dari berita tersebut. Menanggapi berita akan bisa memudahkan kita untuk membe...
No comments:
Post a Comment