Wednesday, January 8, 2020

UNSUR-UNSUR IKLAN, SLOGAN DAN POSTER


Di era yang semakin canggih saat ini kita perlu informasi. Baik informasi berupa berita atau peristiwa. Informasi lain yang tak kalah penting juga tentang produk. Informasi produk dapat kita peroleh melalui iklan. Iklan sudah banyak sekali bentuknya. Bukan terbatas hanya di koran, majalah, radio dan televisi namun juga ada di internet. Ya memang sekarang sebagian besar kegiatan yang ada di media cetak dan elektronik beralih ke internet. Selain iklan, ada juga poster. Poster ini berupa plakat atau banner. Isinya tentang iklan produk juga tapi ada juga bagian tentang iklan layanan masyarakat. Ada satu lagi yaitu slogan. Slogan banyak digunakan untuk penguat atau ciri khas iklan. Bahasa slogan akan menjadikan produk mudah diingat.
Kalau menurut kamus besar bahasa Indonesia berikut ini penjelasan ketiga pengertian, iklan, poster dan slogan.

Iklan

1. berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. 
2. pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum
Dari penjelasan di atas bahwa iklan itu merayu. Ya bukan hanya merayu lawan jenis perusahaan atau pembuat produk harus membujuk orang lain agar mau membelinya. Bahasa yang menarik akan menjadi kunci suksesnya menjual barang dalam beriklan. Selain bahasa menarik kita juga harus memasang iklan tersebut di tempat yang paling umum dan ramai. Tujuannya agar produk iklan kita dapat diliat oleh orang. Sekarang ini beriklan di Internet akan jauh lebih besar efek terbaca atau terlihatnya oleh banyak orang. Iklan itu menggabungkan antara kalimat, gambar, suara, dan video. Iklan ini adalah  yang banyak menampilkan unsur-unsur paling lengkap.

Poster

plakat yang dipasang di tempat umum (berupa pengumuman atau iklan)
Dari penjelasan di atas, poster juga masih bagian dari penyebaran informasi. Bahkan dijelaskan bahwa poster itu ada bagian iklannya. Mungkin kita ingat tentang lomba poster antar sekolah, maka bayangan kita adalah tentang kampanye anti narkoba atau penghijauan. Ya itu bagian dari pengertian pengumuman itu sendiri. Poster hanya sebatas menampil gambar dan sedikit kalimat. Ya memang itu unsur pembangun yang ada di poster.

Slogan

perkataan atau kalimat pendek yang menarik atau mencolok dan mudah diingat untuk memberitahukan atau mengiklankan sesuatu, seperti Solo Berseri (bersih, sehat, indah, rapi)

perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya

Kalimat ini sekarang ini sering disebut sebagai tagline. Kalimat slogan juga sering terdapat dalam iklan. Slogan sering kali juga terdapat pada kantor-kantor dan lembaga. Biasanya slogan tentang menjaga kebersihan, kesehatan, lingkungan. Unsur utama slogan adalah kalimat atau bahasa. Kekuatan utama adalah bahasa. Jadi ketika bisa meramu bahasa dalam slogan maka akan menjadikan slogan menarik.
Berikut adalah beberapa pemaparan tentang unsur-unsur iklan, poster dan slogan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

MEMAHAMI MEDIA SOSIAL DAN CARA MENENTUKAN UNTUK BISNIS KAMU

  Media Sosial merupakan sebuah platform yang memiliki berbagai jenisnya dan sering digunakan oleh masyarakat. Media sosial ini menyajikan b...