Ada
berbagai macam unsur dalam pembentuk iklan. Unsur itu saling terkait dan
menjadi kekuatan tersendiri dari iklan. Setiap unsur mempunyai fungsi yang tak
bisa dihilangklan dalam pembentuk iklan. Berikut ini adalah penjelasan unsur
pembentuk iklan.
a. Sumber
adalah pembuat iklan atau orang yang bertanggung jawab terhadap iklan tersebut.
Bisa yang membuat iklan, orang atau perusahaan yang memesan iklan sekaligus
orang yang memasang iklan. Semua saling terkait satu sama lain. Tapi terkadang
kita tak pernah tau siapa yang membuat iklan tapi kita hanya tau siapa yang
memesan iklan. Sumber ini berguna untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab
atas keluarnya iklan dan sekaligus memberitahu kemana hendak membeli jika kita
tertarik pada produk tersebut.
b. Pesan
adalah kalimat yang membungkus iklan. Pesan ini layaknya slogan untuk iklan. Pesan
atau bahasa yang digunakan harus menarik. Pesan digunakan untuk mempengaruhi
konsumen. Pesan akan dibuat semenarik mungkin dan mudah diingat. Tidak terlalu
panjang namun mengena ke konsumen. Fungsi pesan sangatlah strategis selain
gambar produk.
c. Media
adalah tempat di mana kita memasang iklan. Ada banyak saranan untuk memasang
iklan. Koran, majalah, tabloid, radio, televisi dan sekarang ada tempat yang
paling populer yaitu internet. Iklan sudah banyak masuk ke media digital. Internet
adalah media yang paling luas cakupannya untuk mengiklan. Fungsi dari media
adalah untuk menayangkan iklan. Media juga berperan dalam mempromosikan suatu
produk selain pesan dalam iklan.
d. Penerima
adalah orang yang melihat iklan. Penerima itu sasaran dari iklan produk. Kombinasi
antara pesan dan media iklan akan menunjukkan tentang siapa penerima produk itu
sendiri. Semakin luas cakupan atau penerima itu melihat maka semkin banyak
orang yang terpengaruhi iklan.
e. Efek
adalah sikap dari penerima iklan setelah melihat iklan. Efek ini
bermacam-macam. Bisa tertarik, acuh atau bahkan tak mempedulikan.efek ini
tergantung dari seberapa serius sumber iklan menggarap iklan dengan serius. Kualitas
iklan, media penayangan dan pesan yang menarik akan membuat efek tentang produk
akan berubah. Yang tadinya acuh jadi tertarik. Efek ini ahnya sebatas perubahan
pikiran belum ke tindakan membeli. Kagum terhadap produk,sering melihat produk
dan berniat untuk bertanya-tanya.
f. Umpan
balik adalah tindakan setelah muncul efek. Umpan balik itu biasanya berupa
tindakan menerima produk dengan cara membeli. Selian menerima ada juga yang
menolak produk. Umpan balik adalah kesimpulan setelah muncul efek. Keputusan terakhir
ada di umpan balik jika sudah melihat iklan. Jika suka akan membeli dan tidak
akan membeli jika tak suka produk. Namun ada juga iklan yang memang bertujuan
untuk kita menolak produk seperti, jauhi narkoba, jauhi sex bebas dan kegiatan
negatif lainnya yang diiklankan untuk kita hindari.
Demikian
penjelasan tentang unsur pembentuk iklan. Semoga bermanfaat dan menambah
pengetahuan. Kita yang selama ini hanya melihat iklan jadi sedikit mengetahui
unsur-unsur dari iklan tersebut ada apa saja.
No comments:
Post a Comment