Friday, January 10, 2020

UNSUR PEMBENTUK IKLAN


Ada berbagai macam unsur dalam pembentuk iklan. Unsur itu saling terkait dan menjadi kekuatan tersendiri dari iklan. Setiap unsur mempunyai fungsi yang tak bisa dihilangklan dalam pembentuk iklan. Berikut ini adalah penjelasan unsur pembentuk iklan.
a.       Sumber adalah pembuat iklan atau orang yang bertanggung jawab terhadap iklan tersebut. Bisa yang membuat iklan, orang atau perusahaan yang memesan iklan sekaligus orang yang memasang iklan. Semua saling terkait satu sama lain. Tapi terkadang kita tak pernah tau siapa yang membuat iklan tapi kita hanya tau siapa yang memesan iklan. Sumber ini berguna untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas keluarnya iklan dan sekaligus memberitahu kemana hendak membeli jika kita tertarik pada produk tersebut.
b.      Pesan adalah kalimat yang membungkus iklan. Pesan ini layaknya slogan untuk iklan. Pesan atau bahasa yang digunakan harus menarik. Pesan digunakan untuk mempengaruhi konsumen. Pesan akan dibuat semenarik mungkin dan mudah diingat. Tidak terlalu panjang namun mengena ke konsumen. Fungsi pesan sangatlah strategis selain gambar produk.
c.       Media adalah tempat di mana kita memasang iklan. Ada banyak saranan untuk memasang iklan. Koran, majalah, tabloid, radio, televisi dan sekarang ada tempat yang paling populer yaitu internet. Iklan sudah banyak masuk ke media digital. Internet adalah media yang paling luas cakupannya untuk mengiklan. Fungsi dari media adalah untuk menayangkan iklan. Media juga berperan dalam mempromosikan suatu produk selain pesan dalam iklan.
d.      Penerima adalah orang yang melihat iklan. Penerima itu sasaran dari iklan produk. Kombinasi antara pesan dan media iklan akan menunjukkan tentang siapa penerima produk itu sendiri. Semakin luas cakupan atau penerima itu melihat maka semkin banyak orang yang terpengaruhi iklan.
e.       Efek adalah sikap dari penerima iklan setelah melihat iklan. Efek ini bermacam-macam. Bisa tertarik, acuh atau bahkan tak mempedulikan.efek ini tergantung dari seberapa serius sumber iklan menggarap iklan dengan serius. Kualitas iklan, media penayangan dan pesan yang menarik akan membuat efek tentang produk akan berubah. Yang tadinya acuh jadi tertarik. Efek ini ahnya sebatas perubahan pikiran belum ke tindakan membeli. Kagum terhadap produk,sering melihat produk dan berniat untuk bertanya-tanya.
f.       Umpan balik adalah tindakan setelah muncul efek. Umpan balik itu biasanya berupa tindakan menerima produk dengan cara membeli. Selian menerima ada juga yang menolak produk. Umpan balik adalah kesimpulan setelah muncul efek. Keputusan terakhir ada di umpan balik jika sudah melihat iklan. Jika suka akan membeli dan tidak akan membeli jika tak suka produk. Namun ada juga iklan yang memang bertujuan untuk kita menolak produk seperti, jauhi narkoba, jauhi sex bebas dan kegiatan negatif lainnya yang diiklankan untuk kita hindari.
Demikian penjelasan tentang unsur pembentuk iklan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan. Kita yang selama ini hanya melihat iklan jadi sedikit mengetahui unsur-unsur dari iklan tersebut ada apa saja.

No comments:

Post a Comment

MEMAHAMI MEDIA SOSIAL DAN CARA MENENTUKAN UNTUK BISNIS KAMU

  Media Sosial merupakan sebuah platform yang memiliki berbagai jenisnya dan sering digunakan oleh masyarakat. Media sosial ini menyajikan b...